tutorial membuat aplikasi laundry menngunakan bahasa java netbeans

tutorial membuat aplikasi laundry menngunakan bahasa java netbeans


Dikesempatan kali ini saya akan membagikan tuorial cara membuat aplikasi laundry menngunakan bahasa java netbeans, sebenarnya aplikasi ini masih sebatas OOP belum menjerumus ke database, tapi tak apalah mungkin ada yang butuh tutorial ini. Sistem aplikasi ini akan menggunakan checkbox ke textfield agar textfield terbaca.

prosedurnya adalah user akan memasukan barang apa saja yang perlu di input, nah user perlu menchecklist checkbox agar nanti saat di klik ok akan terinput di textfield jumlah. Bila user mengklik ok maka textfield jumlah akan terisi dari jumlah barang tadi, setelah itu isi textfield KG untuk menentukan berat pakaian tadi. Dan klik hitung unutk mendapatkan harganya

Pertama buat dahulu project di netbeans dengan nama applaundry, lalu pada source page klik kanan dan new package dan namai aplikasi. Kalau sudah, klik package tadi dan klik kanan pilih new jframe dan beri nama laundry. Nah sekarang buat tampilannya seperti ini

 

tampilan

Selanjutnya klik kanan button OK pilih event lalu action -> action perfomer

 

Maka akan diarahkan ke source code, silahkan paste kan code ini ke bagian button tadi

  // ok:
        int kesatu = 0, kedua = 0, ketiga=0, keempat=0, kelima=0, kenam=0, ketujuh=0, kedelapan=0, salah = 0;
        boolean isi = false;
          
        if (kaos.isSelected() == true) {
          if (tkaos.getText().equalsIgnoreCase("") )
                  { isi = true; }
          
          else {kesatu = Integer.parseInt(tkaos.getText());} }
        else if(kaos.isSelected() == false && tkaos.getText().equals(" ")) { isi = true; } 
             
         if (baju.isSelected()) {
            if (tbaju.getText().equalsIgnoreCase("") )
                  { isi = true; }
          
          else {
             int dua = Integer.parseInt(tbaju.getText());
          kedua = dua *1;
         } }
           else if(baju.isSelected() == false && tkaos.getText().equals(" ")) { isi = true; } 
         if (cpen.isSelected()) {
            if (tcpen.getText().equalsIgnoreCase("") )
                  { isi = true; }
          
          else {
             int  tiga = Integer.parseInt(tcpen.getText());
          ketiga = tiga *1;
            }}
            else if(cpen.isSelected() == false && tcpen.getText().equals(" ")) { isi = true; } 
          if (cpan.isSelected()) {
              if (tcpan.getText().equalsIgnoreCase("") )
                  { isi = true; }
          
          else {
             int empat = Integer.parseInt(tcpan.getText());
          keempat = empat *1;
          } }
              else if(cpan.isSelected() == false && tcpan.getText().equals(" ")) { isi = true; } 
              
           if (jaket.isSelected()) {
           if (tjaket.getText().equalsIgnoreCase("") )
                  { isi = true; }
          
          else {
               int   lima = Integer.parseInt(tjaket.getText());
            kelima = lima *1;
           }  
           }
            else if(jaket.isSelected() == false && tjaket.getText().equals(" ")) { isi = true; } 
           if (selimut.isSelected()) {
           if (tselimut.getText().equalsIgnoreCase("") )
                  { isi = true; }
          
          else {   
           int enam = Integer.parseInt(tselimut.getText());
           kenam = enam;
                   } }
           else if(selimut.isSelected() == false && tselimut.getText().equals(" ")) { isi = true; } 
           
         if (sprey.isSelected()) {
             if (tsprey.getText().equalsIgnoreCase("") )
                  { isi = true; }
          
          else {
             int tujuh = Integer.parseInt(tsprey.getText());
             ketujuh = tujuh;
         } }
         else if(sprey.isSelected() == false && tsprey.getText().equals(" ")) { isi = true; } 
         
          if (sarung.isSelected()) {
          if (tsarung.getText().equalsIgnoreCase("") )
                  { isi = true; }
          
          else {
              int   delapan = Integer.parseInt(tsarung.getText());
          kedelapan = delapan;
          } }
          else if(sarung.isSelected() == false && tsarung.getText().equals(" ")) { isi = true; } 
          
        if (isi) {JOptionPane.showMessageDialog(null,"ono sing ketinggalan boz !!!");}
        
        
        tjumlah.setText(String.valueOf(kesatu+kedua+ketiga+keempat+kelima+kenam+ketujuh+kedelapan));
          
       

Setelah itu klik kanan button HITUNG pilih event lalu action -> action perfome, dan masukan kode ini

 int kabeh = Integer.parseInt(tjumlah.getText());
        int  kilo = Integer.parseInt(tkg.getText());
        int rego =0;
        if (biasa.isSelected()) {
            rego = 3000;
        }
        else if (kilat.isSelected()) {
            rego = 7000;
        }
        int coba = kabeh * rego ;
        tharga.setText(String.valueOf(coba));

Selesai sudah, run aplikasi maka akan seperti ini


app laundry jadi


tutorial membuat aplikasi laundry menngunakan bahasa java netbeans tutorial membuat aplikasi laundry menngunakan bahasa java netbeans Reviewed by andri aditya on May 03, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.