Mengenal apa itu antarmuka pengguna(user interface)
Semakin berkembangnya teknologi digital, Diantara kalian
pasti sudah tidah asing lagi apa yang dimaksud user interface/UI. Kata ini
banyak di temui pada software khususnya pada game. Kali ini ruangteknlogi akan
menjelaskan apa itu user interface
Pengertian userinterface
·
User: pengguna biasanya ditujukan kepada
pengguna suatu sistem
·
Interface : penghubung antar 2 system
Jadi, User interface adalah perantara yang disediakan untuk
user sehingga seorang user dapat mengetahui apa yang terjadi pada sistem yang
digunakannya, misalnya : interaksi dari mesin komputer ke layar monitor.
apa saja tujuan dan manfaat dari user interface?
Tujuan dibuatnya user interface adalah sebagai berikut:
·
Menyesuaikan
user interface dengan tugas
·
Membuat
user interface menjadi efisien
·
Memberikan
arus balik yang tepat ke pengguna
·
Memunculkan
pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan
·
Memperbaiki
produktivitas dari pengetahuan user
·
Mengkomunikasikan
fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan
sistem tersebut.
Sedangkan untuk manfaat dari user interface adalah:
untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.
Prinsip dalam mendesain user interface
Sama seperti sebuah kehidupan :D
, dalam mendesain user interface di butuhkan prinsip prinsip agar menghasilkan
UI yang baik. Prinsip prinsipnya yaitu:
- User familiarity (Mudah dikenali) : gunakan
istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem
perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders bukan
directories, file, identifiers.
- Consistency (konsisten) : Konsisten dalam operasi dan
istilah di seluruh sistem sehingga tidak membingungkan.
- Minimal surprise (Tidak buat kaget user) :
Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.
- Recoverability (pemulihan) : Recoverability ada dua
macam: Confirmation of destructive action (konfirmasi terhadap aksi
yang merusak) dan ketersediaan fasilitas pembatalan (undo).
- User guidance (bantuan) : Sistem manual online,
menu help, caption pada icon khusus tersedia.
- User diversity (keberagaman) : Fasilitas interaksi
untuk tipe user yang berbeda disediakan. Misalnya ukuran huruf bisa
diperbesar.
tipe interaksi dari interface
Perancang sistem menghadapi dua masalah penting yaitu bagaimana informasi dari user bisa disediakan untuk sistem komputer – misalnya pada saat input data dan bagaimana informasi dari sistem komputer ditampilkan untuk user – hasil dari pemrosesan data. User interface yang baik harus menyatukan interaksi pengguna (user interaction) dan penyajian informasi (information presentation).
Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction:
1. Direct manipulation
Pengoperasian secara langsung: interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games.
1. Direct manipulation
Pengoperasian secara langsung: interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games.
- Kelebihan: Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat.
- Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem
komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek
2. Menu Selection
Pilihan berbentuk menu: Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnyasaat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki.
Pilihan berbentuk menu: Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnyasaat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki.
- Kelebihan : User tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah.
- Kekurangan :Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language.
3. Form fillin
Pengisian form : Mengisi areaarea pada form. Contoh: Stock control.
Pengisian form : Mengisi areaarea pada form. Contoh: Stock control.
- Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari
- Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form
manual dan kebiasaan user.
4. Command language
Perintah tertulis: Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system.
Perintah tertulis: Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system.
- Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file.
- Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya – tidak cocok
untuk user biasa.Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan
kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
5. Natural language
Perintah dengan bahasa alami: Gunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet.
Perintah dengan bahasa alami: Gunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet.
- Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas
(singkat) – misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan katakata. - Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan
memerlukan banyak pengetikan.
Mengenal apa itu antarmuka pengguna(user interface)
Reviewed by andri aditya
on
December 13, 2018
Rating:
No comments: